Pages

Selasa, 03 Februari 2015

Makanan khas Purwakarta

Hai... apa kabar kalian semuanya??? Makasih banyaknya yang udah ngunjungin blog aku dan follow blog aku. Semoga blog aku bisa bermanfaat bagi kalian semua.... Hmmm ... Selanjutnya aku akan membahas tentang "Makanan Khas Purwakarta", pasti pada penasaran kan apa saja Makanan Khas dari Purwakarta, dari pada penasaran , mending kita mulai aja, and pastinya tetap Stay On disini ya!!

>>>Cekidot... Cekidot<<<


Makanan Khas Purwakarta



 

 1. Sate Maranggi 
Yang membedakan dengan sate lainnya adalah bumbu kecapnya yang diolah hingga memiliki cita rasa unik-asam, manis, pedas. Disamping sate maranggi, rumah-rumah makan khas Sunda yang menyajikan ikan bakar, pepes, ayam goreng lengkap dengan sambal dadakan juga banyak terdapat di Purwakarta.



2. Simping Kaum 
Yaitu makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, biasanya berwarna putih, dan rasanya gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (rambut-rambutan). Simping terdiri dari beberapa rasa antara lain: keju, kencur, jahe , strawberry, coklat, nangka, pandan, dll.




3. Peuyeum bendul  
Ada istilah kalu di bendul Sukatani banyak binatang berkeliaran tidak di ikat contohnya singa, kuda, gajah, dll. Tapi tape/peuyeum di sepanjang jalan itu semuanya diikat atau digantung, itulah uniknya peuyeum bendul Purwakarta. Dan uniknya lagi peuyeum bendul kalau dilihat dari kejauhan kelihatan tegar, padahal kalau dipegang hipu apalagi kalau dimakan pasti akan ketagihan dengan namanya peuyeum bendul. Selain peyeum bendul, sentra peuyeum di Sukatani bendul, juga menyediakan aneka makanan ringan buat oleh-oleh ringan, mulai dari manisan, hui cilembu, kerupuk, colenak, simping Purwakarta, dan aneka makanan lainnya yang bisa untuk buah tangan.




4. Opak
Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras. Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah Karbohidrat. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras, garam, gula, dan bumbu-bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian di keringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas api bara. 


 

5. Rangginang
 Yaitu makanan yang terbuat dari ketan yang di kukus lalu dipipihkan, setelah itu di jemur sampai kering. Bila ingin memakannya harus di goreng terlebih dahulu. Rasa rangginang ini sungguh gurih dan lezat apalagi bila campuran rangginang ini dicampur dengan terasi, wah... aromanya wangi dan rasanya lebih nikmat. Oh iya, rangginang ini biasanya ada 2 macam, ada yang terbuat dari ketan putih ada juga yang terbuat dari ketan hitam.
 
 6. Manggis
Pasti kalian tidak asing dengan buah yang satu ini yaitu manggis atau dalam bahasa sundanya manggu . Buah yang satu ini merupakan ikon dari wanayasa, yaitu kota bagian timur dari purwkarta. Jika kalian ke purwakarta atau ke wanayasa jangan lupa beli oleh-oleh ini.
7. Colenak yaitu  makanan yang berbahan peuyeum/tape yang dibakar lalu ditambah bumbu manis yang terbuat dari kelapa+gula merah (di jawa barat biasa disebut "enten") lalu di kasih taburan kacang garing yang disangrai (wih.... ada sensasi kriuk..kriuknya hihihi :D ) makanan ini lebih nikmat bila dimakan selagi panas.


8. Gula Cikeris
Gula ini terbuat dari air nira, rasa dari gula ini sangat gurih dan manis.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

cie... yang suka makan mah tau ajalah..... ;)

Unknown mengatakan...

iya dong.. ;p

Unknown mengatakan...

ciee blog nya keren

Unknown mengatakan...

hehehe, :D

Unknown mengatakan...

aduhhh please itu makanan kliatannya enak semua.. udh tau aku doyan makan:'(

Posting Komentar